content top

Minggu, 13 Maret 2011

Nurjanna Jamaluddin (Jane Jamlu)

Nurjanna Jamaluddinlahir di Pekkabata Pinrang pada tanggal 8 Desember 1990. Penulis adalah anak kedua dari lima bersaudara pasangan Jamaluddin Saturi dan Marhana Manni. Penulis mengawali pendidikan formal di TK Pertiwi pada tahun 1996. Dan melanjutkan sekolah di SD Negeri 46 Pinrang dan tamat pada tahun 2003. Kemudian pada tahun yang sama, penulis menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Duampanua Pinrang dan tamat pada  tahun 2006. 

Selanjutnya penulis melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Duampanua Pinrang dan tamat pada tahun 2009. Pada tahun 2009 penulis diterima di Universitas Negeri Makassar di Fakultas Teknik melalui jalur undangan dan tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Selama menempuh perkuliahan penulis tercatat sebagai penerima beasiswa PPA. Selain itu penulis juga aktif mengikuti organisasi intra dan ekstra kampus. 

Penulis aktif dalam organisasi antara lain Lembaga Penerbitan dan Penyiaran Mahasiswa (LPPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai wartawan kampus, anggota Tim Robotron UNM, Kerukunan Mahasiswa Pinrang UNM, Study Club Al-Huda, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Duampanua,  Kesatuan Pelajar Mahasiswa Pinrang (KPMP) Cabang Duampanua dan KPMP Pusat, Anggota di PACARITA (Persatuan Cendolers Makassar dan Sekitarnya), Owner di Jane Jamlu Holic (Fans Club), Anggota di Kelas Inpiratif Makassar dan Penyala Makassar, dan Anggota di Infinity Fotography.

Selama menjadi mahasiswa Penulis juga aktif dalam mengikuti lomba-lomba karya tulis tingkat lokal dan nasional. Penulis pernah mendapat Juara Pertama Penulisan Feature Terbaik dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) se-Indonesia yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumateta Utara Medan Mei 2012. Selain itu, penulis pernah menjadi Peserta Terbaik dalam ajang Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJMTD) yang diadakan oleh LPPM Profesi UNM tahun 2010.

Penulis yang lebih dikenal dengan nama pena Jane Jamlu ini punya segudang hobby. Selain suka jalan-jalan dia selalu mengabadikan momen itu dengan foto. Bisa dibilang penulis termasuk dalam  group aliansi Gila Foto alias "Gifo". Dan tak ketinggalan, penulis juga mendapatkan julukan Miss Upload oleh rekan-rekanya di redaksi. Setiap habis foto, cewek tomboi yang keren (bede) ini dengan secepat kilat langsung mengupload foto-fotonya. Miss Upload and Miss Update menjadi predikatnya saat ini.  

BACA JUGA ARTICLE TERKAIT LAINNYA
content top