content top

Kamis, 18 November 2010

Pidgin alias YM nya Linux

Saat Saya menggunakan Windows Saya sering menggunakan Yahoo Masangger tetapi waktu migrasi ke Linux Saya binggung bagaimana chattingan dengan teman Saya, kalau pakai Facebook sering putus-putus. So Saya pun mencari tutorial cara install Yahoo Masangger di Linux, walaupun ketemu caranya tetapi Saya menemukan masalah dalam penginstallan yaitu sering gagal. Cara kedua memakai Wine walaupun berhasil dalam penginstallan tetapi Yahoo Masangger tidak mau jalan. Selang beberapa waktu tetangga Saya memberi tahu Saya pakai aja Pidgin fungsinya sama dengan Yahoo Masangger. setelah itu Saya pun mengisntall Pidgin, bagi yang menggunakan Fedora caranya seperti menginstall aplikasi yang lain yaitu : #yum install pidgin

Setelah selesai buka Pidgin sehingga muncul kotak seperti berikut :


Klik Add maka akan muncul kotak berikutnya seperti berikut ini :

Klik dibagian protocol maka akan muncul pilihan, diantaranya AIM, IRC, MSN, Bonjour, Google Talk, QQ, SIMPLE, Sametime, SILC, Yahoo dll, karena kita akan menggunakan Yahoo maka pilih Yahoo. setelah itu masukkan Username : Username Anda, Password : ******** . setelah selesai klik Add.

Klik kotak kecil sehingga enable yang artinya akan dipakai dan selesai. Tetapi jika Anda ingin menambah ID Anda silahkan klik Add maka akan mencul kotak seperti pertama kita masuk tadi. Klik close untuk mengakhiri, setelah itu akan muncul kotak berikut ini :

Karena Saya sudah memiliki beberapa teman yang aktif maka akan muncul dikotak, cara chattingnya sama dengan penggunaan Yahoo Masangger sehingga Saya kira Anda tidak akan kesulitan menggunakan Pidgin. Sekian & terimakasih semoga bermanfaat.

BACA JUGA ARTICLE TERKAIT LAINNYA
content top