content top

Kamis, 18 November 2010

Visual Effects pada Ubuntu

CompizConfig atau Compiz Fussion adalah sebuah tehnologi efek-efek untuk desktop GNOME. Secara default sudah terinstalasi pada Ubuntu Linux, dan sudah terkonfigurasi menyesuaikan dengan kekuatan dan jenis kartu grafis (VGA, AGP, atau PCI-Express) yang terpasang pada komputer. Setting pengaturannya ada banyak sekali, bahkan kemungkinan setiap user Ubuntu memiliki cara yang berbeda. Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa efek-efek canggih pastinya hanya bisa dilakukan dengan kartu grafis mutakhir, untuk kartu-kartu grafis yang sudah tua mungkin tidak bisa dan menyebabkan X server tidak berfungsi.

Mengkonfigurasi Default Visual Effect Settings

Default visual effects yang diaplikasikan ke desktop dapat dikonfigurasi dari preferensi tampilan pada pilihan menu System >> Preferences >> Appearance. Saat tampilan dialog terbuka klik tab Visual Effects untuk menampilkan dialog panel pengaturan seperti ini:

kotak tampilan dialog visual efek

Untuk mengkonfigurasikannya klik pada pilihan normal atau extra, jika untuk menjalankan visual efek memerlukan dukungan driver kartu grafis maka Ubuntu akan menyediakan dan menginstallnya. Jika masih belum bisa maka akan diperlukan software driver tambahan khusus yang semoga disediakan oleh pembuat kartu grafis tersebut, dan harus ditambahkan secara manual.

Advanced Desktop Effects Settings - Konfigurasi Efek Desktop Canggih

Pengkonfigurasian di atas adalah setting yang sangat biasa dan memang bawaan dari installasi Ubuntu. Untuk kemudian jika ingin menjadikan desktop lebih asyik dan menyenangkan ke desktop efek visual yang lebih canggih. Seperti penambahan desktop, oh.. bukan... efek perpindahan desktop menjadi seperti putaran kubus dan lain sebagainya selayaknya komputer keluaran Apple. Maka harus menggunkan CompizConfig Settings Manager. Biasanya, bahkan sampai versi Ubuntu 9.10 Karmic Koala beta yang saya coba inipun masih harus menginstalnya, filenya cuman kecil tak sampai satu megabyte, so cukup beberapa detik saja dengan koneksi broadband saat ini, Insya allah, Laughing out loud

add remove compiz advanced visual effects

Menginstalasi CompizConfig Settings Manager bisa dilakukan dengan menambahkan dari fasilitas menu Add/Remove pada menu Aplikasi Desktop, namun untuk versi Karmic Koala ada pada System >> Administration >> Add/Remove. Setelah menu tampilan dialog terbuka pastikan Show selection menu berada pada posisi All Available aplications kemudian ketikan CompizConfig pada kotak pencarian. Akan muncul dibawahnya pilihan Advanced Desktop Effects, tandai kotak disebelahnya kemudan enter tombol Apply Changes untuk segera dapat memulai installasi, dan masukkan password root jika di tanyakan. Setelah semuanya terinstal maka tutuplah menu aplikasi Add/Remove tersebut.

CompizConfig Settings Manager setelah terinstal akan berdiam diri di posisi System >> Preferences menu desktop.

Cara lain adalah dengan menggunakan mantera rapal sakti yang juga lebih praktis melalui terminal. adapun rapalnya adalah:
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Untuk memanggil CompizConfig Settings Manager melalui terminal cukup dengan mengetikan manteranya:
ccsm kemudian enter Laughing out loud

Desktop laksana Putaran Kubus

CompizConfig Settings Manager

Salah satu yang bisa dilakukan dalam Destop Visual Efek Canggih adalah membuat perpindahan dari dekstop pertama ke yang selanjutnya seperti putaran kubus, adapun caranya adalah dengan menggunakan ilmu kanuragan seperti ini. Buka System >> Administration >> Add/Remove atau ketik mantera di terminal ccsm, kemudian tandai "Desktop Cube", "Cube Reflection and Deformation" dan "Rotate Cube". Jika ingin lebih lagi maka bisa kemudian memilih gambar untuk cube faces, cube caps dan lain sebagainya. Selanjutnya melanglalalah ke General Options, pilih tab Desktop Size kemudian set "Horizontal Virtual Size" menjadi 4. Nah.. sekarang sudah bisa melakukan putaran kubus desktop. Untuk mencobanya tekan bersama-sama Ctrl + Alt + Klik Kiri dan geser-geserkan untuk memutarnya. Bisa juga dengan Ctrl + Alt + panah kiri/kanan untuk menuju ke desktop sebelum dan selanjutnya.. Atau Ctrl + Alt + panah ke bawah untuk membentangkannya kemudian panah kiri/kanan untuk melihat bentangan kubus yang selanjutnya.

Kemudian kembalilah ke CompizConfig Settings Manager untuk mencoba efek-efek keren yang lainnya. Dan untuk memudahkan kebetulan ada video dari youtube yang bisa digunakan sebagai panduan sederhana.


Sumber Internet

BACA JUGA ARTICLE TERKAIT LAINNYA
content top